Cara membangun Website

Waduh.. udah lama gak nge-Blog nih. Abisnya sarana komputer sama koneksi internet lagi dalam masa paceklik, khu khu khu ... untung ada iPad tante, jadi bisa nge-Blog pakek Aplikasi Blogger buat Android. Mau? Download aja sendiri di  Google Play
Oke, kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara membangun sebuah website. Tapi, sebelumnya teman-teman pembaca harus tahu dulu apa itu website. Ada perbedaan loh antara Blog dan Website.

Gak banyak-banyak amat kok perbedaannya. Tapi yang penting, setelah teman semua sudah bisa membangun halaman website, teman-teman akan tahu sendiri kok perbedaannya.

Halaman website dibuat atau dibangun dengan bahasa pemograman seperti HTML, PHP, JavaScript , CSS, dan sebagainya.

Untuk HTML, biasanya ekstensi dokumen adalah .html .
Nah sobat bisa lihat link URL dijendela browser sobat berakhiran .html .
Type dokumenya : nama-dokumen.html
Contohnya :
index.html
About.html
Contact.html

Sobat semua pasti udah tahu kan bahwa setiap halaman web atau blog memiliki syntax <html> pada awal page source-nya kan?  Bagi yang belum tahu, monggo buka dari komputer halaman apa aja, terus klik kanan > view page source ... maka akan muncul sebuah window baru yang berisi kode dan script acak-acakan gak jelas apaan (biasanya yang mikir kayak gitu yang belom tahu programming nih ... fhu fhu fhu...)

Nah pada awal sumber halaman (page source) yang sobat buka itu, terdapat sebuah teks yang berisi <html lang .... bla bla bla. ... > kan? Nah itu artinya dokumen yang sobat buka itu adalah sebuah dokumen .html atau juga dikenal dengan halaman website (web page).

Apa perbedaan HTML dan PHP ?
Ya itu tadi, kode pembukanya apa? Kalau seandainya sobat melihat URL atau link yang sobat buka berakhiran .php (contoh : login.php ) maka itu adalah sebuah dokumen php. Dokumen PHP juga menggunakan HTML. mengapa? Karena HTML adalah bahasa pemograman global dan standard digunakan untuk menampilkan isi dan elemen dalam website. 

Lalu bagai mana dengan JavaScript? JavaScript biasanya digunakan untuk membangun User interface yang menarik bagi pengunjung. Yah, biasanya kalo sobat blogger yang punya blog , pasti pengen donk punya chatrom sendiri? Terus sobat hunting di google dan masang Widget Chatbox atao yang sebagainya. Nah , yang sobat tempel di blog sobat itulah yang namanya JavaScript. Akhirannya .js
Contoh : script.js

Kalau CSS ?
CSS atau Casscading StyleSheet, biasanya digunakan untuk menjelaskan struktur atau desain sebuah elemen dalam web/blog.
Yah, contohnya sobat pingin judul blognya yang diatas blog sobat warnanya merah, terus sobat bkin dokumen .css yang bernama gaya-elemen-blog-web.css . Pada dokumen itu sobat ketik kode kayak gini :
H1 {
color: red; <--- untuk warna
Font-weight : 400em; <--- besar huruf
}
Maka setiap elemen H1 pada halaman yang sudah disematkan dokumen css akan berwarna red dan sebesar 400em
Cara menyematkan dokumen css pàda dokumen web page :
<link href="..." type="...">

Nah, sekarang bagaimana cara membuat sebuah halaman website?
Buka notepad, lalu klik file>save as... > ketik nama dokumen berakhiran .html atau .php, contoh index.html atau index.php > pada pilihan type/format, ganti text document menjadi All format > klik save. Maka dokumen web page sobat sudah jadi.  Hanya tinggal menyiapkan konten elemen apa saja yang sobat inginkan untuk ditampilkan.

Caranya akan kita ulas pada post selanjutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Custom Decal

Ayo Dandani tunggangan Kamu biar lebih keren makek Decal Custom!


Kamu bisa pilih dan design decal sesuai keinginan kamu. Harga terjangkau, bisa dikirim melalui Jasa Pengiriman se-sumatera!


Telpon

Popular Posts